TRANSFORMASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN AKTIF DAN PENALARAN KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Sindy Ruth Sinaga,Maria Veronika Hutagalung Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Pendidikan Agama Kristen (PAK) menghadapi tantangan dalam mengembangkan

pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara aktif dan mengembangkan

penalaran kritis tentang iman Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi

metode pembelajaran PAK melalui pendekatan heuristik yang menekankan eksplorasi,

pemecahan masalah, dan refleksi kritis dalam konteks pembelajaran abad ke-21. Metode yang

digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menganalisis literatur

akademik, jurnal ilmiah, buku referensi, dan hasil penelitian terkini yang relevan dengan

metode pembelajaran PAK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode heuristik yang

menekankan keterlibatan aktif siswa dalam eksplorasi masalah dan refleksi nilai mampu

meningkatkan pemahaman mereka terhadap iman Kristen secara mendalam. Pendekatan ini

mengintegrasikan prinsip-prinsip filsafat kritis dengan ajaran Alkitab, memungkinkan peserta

didik untuk tidak hanya menerima doktrin secara pasif tetapi menganalisis dan

mempertanyakan keyakinan Kristen secara kritis dan reflektif. Integrasi metode heuristik

dengan teknologi digital menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan relevan dengan

kebutuhan generasi digital. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa transformasi strategi

pembelajaran PAK berbasis pendekatan heuristik merupakan solusi inovatif untuk menghadapi

tantangan pembelajaran kontemporer, menghasilkan peserta didik yang memiliki iman yang

matang, kemampuan berpikir kritis, dan komitmen untuk menghidupi nilai-nilai Kristen dalam

kehidupan sehari-hari.jicnusantara+4

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

TRANSFORMASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN AKTIF DAN PENALARAN KRITIS PESERTA DIDIK. (2025). JURNAL MASYARAKAT HUKUM PENDIDIKAN INDONESIA, 5(02). https://jumas.ourhope.biz.id/ojs/index.php/JM/article/view/144