EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Problem-Based Learning (PBL) merupakan strategi pembelajaran inovatif yang telah terbukti
efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini
menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis efektivitas PBL dalam meningkatkan
critical thinking skills. Melalui analisis komprehensif terhadap literatur empiris dan teoretis,
penelitian menemukan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan analisis,
evaluasi, dan penalaran peserta didik dibandingkan pembelajaran konvensional. PBL
memfasilitasi pengembangan higher-order thinking skills melalui authentic problem-solving,
collaborative learning, dan refleksi mendalam. Implementasi PBL terbukti menghasilkan
peningkatan dalam domain kognitif seperti berpikir kritis, kreativitas, dan transfer knowledge;
serta domain affektif seperti motivasi intrinsik, self-directed learning, dan professional
attitudes. Integrasi teknologi digital dalam PBL memperkuat engagement dan accessibility
pembelajaran. Penelitian menyimpulkan bahwa PBL merupakan strategi pedagogis yang
highly effective untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad ke-21 yang
memerlukan critical thinkers dan problem-solvers. Rekomendasi praktis mencakup
professional development guru, redesain kurikulum, dan assessment methods yang selaras
dengan prinsip-prinsip PBL



