EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Tesia Fitri Br Angkat ,Anre Hadameon Sihombing Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Problem-Based Learning (PBL) merupakan strategi pembelajaran inovatif yang telah terbukti

efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini

menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis efektivitas PBL dalam meningkatkan

critical thinking skills. Melalui analisis komprehensif terhadap literatur empiris dan teoretis,

penelitian menemukan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan analisis,

evaluasi, dan penalaran peserta didik dibandingkan pembelajaran konvensional. PBL

memfasilitasi pengembangan higher-order thinking skills melalui authentic problem-solving,

collaborative learning, dan refleksi mendalam. Implementasi PBL terbukti menghasilkan

peningkatan dalam domain kognitif seperti berpikir kritis, kreativitas, dan transfer knowledge;

serta domain affektif seperti motivasi intrinsik, self-directed learning, dan professional

attitudes. Integrasi teknologi digital dalam PBL memperkuat engagement dan accessibility

pembelajaran. Penelitian menyimpulkan bahwa PBL merupakan strategi pedagogis yang

highly effective untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad ke-21 yang

memerlukan critical thinkers dan problem-solvers. Rekomendasi praktis mencakup

professional development guru, redesain kurikulum, dan assessment methods yang selaras

dengan prinsip-prinsip PBL

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. (2025). JURNAL MASYARAKAT HUKUM PENDIDIKAN INDONESIA, 5(02). https://jumas.ourhope.biz.id/ojs/index.php/JM/article/view/148