IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi utama abad ke-21 yang wajib
dikembangkan melalui proses pembelajaran di sekolah. Strategi cooperative learning tipe
Jigsaw dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena menempatkan
peserta didik sebagai subjek aktif yang bekerja sama, saling mengajar, dan saling bertanggung
jawab terhadap penguasaan materi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan
mengkaji berbagai literatur yang membahas hubungan antara cooperative learning, khususnya
tipe Jigsaw, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil kajian
menunjukkan bahwa Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan analisis, evaluasi, dan
pemecahan masalah melalui kegiatan belajar yang menuntut peserta didik memahami materi
secara mendalam, menjelaskan kembali kepada teman, dan berdiskusi untuk menyelesaikan
tugas kelompok. Selain itu, Jigsaw juga mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi, dan
rasa tanggung jawab, yang secara tidak langsung mendukung terbentuknya sikap kritis dan
reflektif dalam belajar. Dengan demikian, strategi cooperative learning tipe Jigsaw layak
diimplementasikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.



