IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Zazkia Julianti ,Anisa Herviana Hutagalung Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi utama abad ke-21 yang wajib

dikembangkan melalui proses pembelajaran di sekolah. Strategi cooperative learning tipe

Jigsaw dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena menempatkan

peserta didik sebagai subjek aktif yang bekerja sama, saling mengajar, dan saling bertanggung

jawab terhadap penguasaan materi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan

mengkaji berbagai literatur yang membahas hubungan antara cooperative learning, khususnya

tipe Jigsaw, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil kajian

menunjukkan bahwa Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan analisis, evaluasi, dan

pemecahan masalah melalui kegiatan belajar yang menuntut peserta didik memahami materi

secara mendalam, menjelaskan kembali kepada teman, dan berdiskusi untuk menyelesaikan

tugas kelompok. Selain itu, Jigsaw juga mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi, dan

rasa tanggung jawab, yang secara tidak langsung mendukung terbentuknya sikap kritis dan

reflektif dalam belajar. Dengan demikian, strategi cooperative learning tipe Jigsaw layak

diimplementasikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk

meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. (2025). JURNAL MASYARAKAT HUKUM PENDIDIKAN INDONESIA, 5(02). https://jumas.ourhope.biz.id/ojs/index.php/JM/article/view/149