PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Melatie Cristyn Uli Gultom, Hotma Novia Pane Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan penting,

khususnya kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Namun,

pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru (teacher-centered) cenderung

menghasilkan peserta didik yang pasif, kurang mampu berpikir kritis, dan tidak terlatih dalam

memecahkan masalah secara mandiri. Strategi pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based

learning) menawarkan alternatif pendekatan yang menempatkan peserta didik sebagai subjek

aktif dalam proses pembelajaran melalui pengajuan pertanyaan, investigasi, eksplorasi, dan

penemuan pengetahuan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan

menganalisis konsep, prinsip, tahapan, serta efektivitas penerapan strategi pembelajaran

berbasis inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar peserta

didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan

menganalisis berbagai sumber literatur ilmiah, jurnal, buku, dan hasil penelitian terkait

pembelajaran inkuiri. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis inkuiri

secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena

melibatkan proses kognitif tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Selain itu, pembelajaran inkuiri juga meningkatkan keaktifan, motivasi, kemandirian, dan rasa

ingin tahu peserta didik. Implementasi strategi inkuiri memerlukan peran guru sebagai

fasilitator yang terampil, desain pertanyaan yang menantang, lingkungan belajar yang

mendukung eksplorasi, serta penilaian autentik yang mengukur proses dan produk

pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis inkuiri

merupakan pendekatan yang efektif dan relevan untuk mempersiapkan peserta didik

menghadapi tantangan abad 21, serta memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik dalam

mengimplementasikan pembelajaran inkuiri di kela

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK. (2025). JURNAL MASYARAKAT HUKUM PENDIDIKAN INDONESIA, 5(02). https://jumas.ourhope.biz.id/ojs/index.php/JM/article/view/150