PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan penting,
khususnya kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Namun,
pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru (teacher-centered) cenderung
menghasilkan peserta didik yang pasif, kurang mampu berpikir kritis, dan tidak terlatih dalam
memecahkan masalah secara mandiri. Strategi pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based
learning) menawarkan alternatif pendekatan yang menempatkan peserta didik sebagai subjek
aktif dalam proses pembelajaran melalui pengajuan pertanyaan, investigasi, eksplorasi, dan
penemuan pengetahuan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan
menganalisis konsep, prinsip, tahapan, serta efektivitas penerapan strategi pembelajaran
berbasis inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar peserta
didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan
menganalisis berbagai sumber literatur ilmiah, jurnal, buku, dan hasil penelitian terkait
pembelajaran inkuiri. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis inkuiri
secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena
melibatkan proses kognitif tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Selain itu, pembelajaran inkuiri juga meningkatkan keaktifan, motivasi, kemandirian, dan rasa
ingin tahu peserta didik. Implementasi strategi inkuiri memerlukan peran guru sebagai
fasilitator yang terampil, desain pertanyaan yang menantang, lingkungan belajar yang
mendukung eksplorasi, serta penilaian autentik yang mengukur proses dan produk
pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis inkuiri
merupakan pendekatan yang efektif dan relevan untuk mempersiapkan peserta didik
menghadapi tantangan abad 21, serta memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik dalam
mengimplementasikan pembelajaran inkuiri di kela



