Implementasi Group Investigation dalam Pembelajaran PAK untuk Mengembangkan Pemahaman Makna Nilai-Nilai Iman
Abstract
Pemahaman makna nilai-nilai iman Kristen memerlukan proses pembelajaran yang melampaui transmisi pengetahuan teologis, tetapi melibatkan investigasi mendalam, refleksi kritis, dan konstruksi makna bersama dalam komunitas pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menawarkan pendekatan yang inovatif untuk mengembangkan pemahaman nilai-nilai iman melalui inquiry-based learning, kerja kelompok heterogen, dan presentasi hasil investigasi. Penelitian ini mengkaji konsep Group Investigation, relevansinya dengan PAK, langkah-langkah implementasi, dan kontribusinya terhadap pemahaman makna nilai-nilai iman peserta didik. Menggunakan metode studi pustaka, hasil kajian menunjukkan bahwa model GI melibatkan enam tahap: (1) identifikasi topik dan pembentukan kelompok, (2) perencanaan tugas investigasi, (3) investigasi mandiri, (4) persiapan laporan, (5) presentasi hasil, dan (6) evaluasi. Penelitian empiris menunjukkan bahwa penerapan GI pada pembelajaran PAK meningkatkan pemahaman nilai-nilai iman hingga kategori tinggi, mengembangkan critical thinking, meningkatkan motivasi belajar, dan menguatkan sikap saling menghargai dalam keberagaman. Penelitian menyimpulkan bahwa Group Investigation merupakan model pembelajaran yang sangat efektif untuk PAK karena selaras dengan hakikat PAK sebagai pembentukan iman melalui dialog, investigasi Alkitabiah, dan konstruksi makna dalam komunitas. Rekomendasi mencakup: pelatihan guru dalam merancang inquiry questions yang powerful, pengembangan resource biblically-grounded, dan evaluasi pemahaman makna yang autentik.



