Penguatan Nilai-Nilai Kristiani dan Budi Pekerti Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Peserta Didik di Era Digital”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan nilai-nilai Kristiani dan budi pekerti
melalui pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada peserta didik di era digital. Era
digital membawa tantangan sekaligus peluang bagi pembelajaran PAK dalam membentuk
karakter dan spiritualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka
dengan menganalisis berbagai literatur, jurnal, dan sumber relevan mengenai pembelajaran
PAK, nilai-nilai Kristiani, pembentukan budi pekerti, dan integrasi teknologi digital dalam
pendidikan agama. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran PAK di era digital
memerlukan transformasi metode dan pendekatan yang mengintegrasikan teknologi digital
tanpa menghilangkan esensi nilai-nilai Kristiani. Tantangan utama meliputi pengaruh negatif
media digital, krisis karakter generasi muda, dan kurangnya literasi digital yang berbasis nilai-
nilai iman. Strategi penguatan yang dapat diterapkan mencakup: pembelajaran PAK berbasis
digital yang interaktif, pengembangan konten pembelajaran yang kontekstual dengan
kehidupan digital peserta didik, penguatan peran guru PAK sebagai model teladan, kolaborasi
dengan orang tua dalam pendampingan digital, dan implementasi pembelajaran restoratif yang
berpusat pada kasih Kristus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan nilai-nilai Kristiani
dan budi pekerti di era digital memerlukan pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek
kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui pemanfaatan teknologi digital secara bijak,
pembelajaran yang berpusat pada Kristus, dan kemitraan antara sekolah, gereja, dan keluarga.



