Sosialisasi Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Tiga Panah:Pengabdian Masyarakat di Desa Suka Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sosialisasi pentingnya pembelajaran
bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Tiga Panah, Desa Suka, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten
Karo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei
menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menyadari
pentingnya bahasa Inggris sebagai keterampilan esensial untuk masa depan mereka, baik dalam
konteks pendidikan maupun karier. Selain itu, motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris
meningkat setelah sosialisasi ini, terutama karena metode pembelajaran yang inovatif dan
interaktif yang diterapkan. Namun, masih terdapat beberapa tantangan dalam pemahaman materi
oleh siswa, yang menandakan perlunya peningkatan dalam strategi pengajaran. Penelitian ini
menegaskan pentingnya pendekatan yang relevan dan kontekstual dalam pembelajaran bahasa
Inggris di tingkat sekolah menengah pertama.