ENHANCING STUDENTS' VOCABULARY SKILLS THROUGH ROLE-PLAYING AND SPEAKING METHODS: A COMMUNITY SERVICE PROJECT AT MIN 1 SOUTHEAST ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kosakata siswa melalui metode bermain peran dan berbicara di MIN 1 Aceh Tenggara. Keterampilan kosakata merupakan elemen penting dalam penguasaan bahasa, terutama bahasa Inggris. Metode bermain peran memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempraktikkan kosakata dalam konteks yang nyata, sementara metode berbicara mendorong siswa untuk menggunakan kosakata tersebut secara aktif dalam komunikasi sehari-hari. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan 30 siswa kelas IV selama 4 Hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Siswa lebih percaya diri dalam menggunakan kosakata baru dalam situasi yang bervariasi, dan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil tes kosakata sebelum dan sesudah kegiatan. Program pengabdian ini diharapkan dapat menjadi model yang efektif untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa