ANALISIS HASIL EVALUASI DAN PERKEMBANGANNYA

Authors

  • Wawan Arbeni,M.Pd.I1, Muhammad Katon BagasKara2, Ike Septi Mulyaningsih3, Dina Novianti4, Alpina Wulandari5, Nisrina SalsaBila6 Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai Author

Keywords:

evaluasi pembelajaran, perkembangan evaluasi, teknologi digital, metode penilaian, evaluasi formatif dan sumatif, pendidikan modern, transformasi evaluasi.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Hasil Evaluasi dan Perkembangannya”, yang bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam hasil evaluasi pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan serta menelaah perkembangan metode dan penerapannya dari masa ke masa. Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen inti dalam sistem pendidikan yang tidak hanya berfungsi untuk mengukur hasil belajar peserta didik, tetapi juga sebagai instrumen untuk mengukur efektivitas proses pembelajaran dan mendukung pengambilan keputusan terkait kebijakan pendidikan. Dalam konteks perkembangan pendidikan modern, evaluasi pembelajaran telah mengalami berbagai transformasi untuk menjawab tantangan kebutuhan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur dan analisis dokumen. Data yang dianalisis mencakup hasil penelitian terdahulu, buku referensi, artikel jurnal ilmiah, serta laporan kebijakan pendidikan yang relevan. Fokus penelitian ini meliputi analisis metode evaluasi tradisional seperti tes tertulis, observasi, dan wawancara, hingga metode modern berbasis teknologi digital, seperti evaluasi berbantuan perangkat lunak, analisis big data, dan evaluasi berbasis kompetensi. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi pergeseran paradigma dari evaluasi berorientasi produk menuju evaluasi berorientasi proses dan perkembangan holistik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode evaluasi pembelajaran telah berkembang seiring dengan perubahan paradigma pendidikan, kemajuan teknologi, dan tuntutan globalisasi. Metode tradisional seperti ujian tertulis yang hanya mengukur kemampuan kognitif kini dilengkapi dengan metode formatif yang berfokus pada proses belajar serta metode sumatif yang memberikan umpan balik terukur terhadap hasil belajar. Selain itu, penggunaan teknologi digital dalam evaluasi, seperti platform e-learning, sistem penilaian daring, dan perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan, telah membuka peluang untuk melakukan evaluasi secara lebih efisien, akurat, dan personalisasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan evaluasi formatif secara konsisten dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, memperkuat umpan balik dalam pembelajaran, serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan berkelanjutan. Kesimpulannya, evaluasi pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai alat pengukuran hasil belajar, tetapi juga berperan strategis sebagai alat refleksi bagi guru, siswa, dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan praktik pendidikan yang lebih efektif, inklusif, dan relevan. Implikasi dari penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pendidik dan pembuat kebijakan untuk terus mengembangkan pendekatan evaluasi yang adaptif, inovatif, dan berbasis teknologi agar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran di era digital. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya pelatihan dan pengembangan kompetensi pendidik dalam menggunakan berbagai instrumen evaluasi modern untuk memastikan keberhasilan implementasi evaluasi yang berdaya guna. Penelitian ini digunakan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Evaluasi Pendidikan yang diampu oleh Bapak Wawan Arbeni, M. Pd. I.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS HASIL EVALUASI DAN PERKEMBANGANNYA. (2024). JURNAL MASYARAKAT HUKUM PENDIDIKAN HARAPAN , 2(01). https://jumas.ourhope.biz.id/ojs/index.php/JM/article/view/65

Similar Articles

1-10 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.