STUDI PEMIKIRAN PROF.DR.H.HAIDAR PUTRA DAULAY TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ISLAM
Keywords:
Pemikiran dan Pendidikan AkhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay tentang pendidikan akhlak. Untuk mengetahui tujuan konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay. Untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan akhlak dengan pendidikan modern saat ini
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan objek penelitian penelitian kepustakaan yaitu penelitian tentang buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan penelitian. Adapun analisis penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui analisis induktif yaitu mengambil kesimpulan dari yang bersifat umum kepada yang khusus.
Hasil penelitian ini adalah Konsep pemikiran Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay tentang pendidikan akhlak adalah membangun akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap Rasulullah SAW, akhlak terhadap sesame manusia mencakup akhlak terhadap diri sendiri, akhlak kepada keluarga, akhlak terhaap tetangga,akhlak terhadap masyarakat dan akhlak terhadap alam semesta. Tujuan konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay adalah membina manusia beragama berarti manusia yang mampu melaksanakan ajaran-ajaran agama Islam dengan baik dan sempurna, sehingga tercermin pada sikap dan tindakan dalam seluruh kehidupannya, dalam rangka mencapai kebahagiaan dan kejayaan dunia dan akhirat. Relevansi konsep pendidikan akhlak dengan pendidikan modern saat ini adalah sesuai dengan tujuan pendidikan pada umumnya yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
.