MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 79 SUNGAI DUREN KABUPATEN MUARO JAMBI

Authors

  • Aris Munandar1, Endah Suryana2, Aulia Rahma3, Khairunnisa4, Alvin Muqtadir5, Muhammad Yasa Al-Sa’dan6, Tiara Amanda Sari7, Liatus Wiatri8 Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Author

Keywords:

Manajemen Kelas

Abstract

Penelitian ini karna kurangnya interaksi dari beberapa siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui catatan harian guru yang berisi informasi mengenai pengelolaan kelas, metode pengajaran, dan respons siswa selama proses pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang efektif, seperti pengaturan lingkungan belajar, penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, dan pemberian motivasi kepada siswa, dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, manajemen kelas yang baik juga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan memfasilitasi tercapainya tujuan pembelajaran. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi guru dalam merancang dan mengelola kelas secara efektif untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

 

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 79 SUNGAI DUREN KABUPATEN MUARO JAMBI. (2025). JURNAL MASYARAKAT HUKUM PENDIDIKAN HARAPAN , 5(02). https://jumas.ourhope.biz.id/ojs/index.php/JM/article/view/77

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.