MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 79 SUNGAI DUREN KABUPATEN MUARO JAMBI
Keywords:
Manajemen KelasAbstract
Penelitian ini karna kurangnya interaksi dari beberapa siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui catatan harian guru yang berisi informasi mengenai pengelolaan kelas, metode pengajaran, dan respons siswa selama proses pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang efektif, seperti pengaturan lingkungan belajar, penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, dan pemberian motivasi kepada siswa, dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, manajemen kelas yang baik juga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan memfasilitasi tercapainya tujuan pembelajaran. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi guru dalam merancang dan mengelola kelas secara efektif untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran.