Pengembangan Model Hybrid Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA Semester Genap Tahun 2024/2025
Keywords:
model hybrid, pendidikan agama Kristen, pengembangan pembelajaran, ADDIE, pembelajaran interaktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran hybrid untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas X SMA semester genap. Model hybrid merupakan gabungan antara pembelajaran tatap muka dan daring yang dirancang untuk meningkatkan minat dan efektivitas pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Parmaksian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket validasi oleh para ahli, serta pretest dan posttest. Hasil validasi dari ahli media (86%), desain (92%), materi (89%), bahasa (84%), dan evaluasi (88%) menunjukkan bahwa produk sangat valid dan layak digunakan. Implementasi produk menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pretest 65,8 menjadi 82,3 pada posttest. Analisis respon siswa menunjukkan 87% siswa memberikan tanggapan positif terhadap model hybrid. Penelitian ini merekomendasikan model hybrid sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di era digital.