IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS di SD NURUL QOMAR: ANALISIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Siti Azzuhra Fadhillah1, Nurul Syakira2, Masbulan Siregar3, Suci Panjaitan4, M. Taufik Hidayat Lubis5 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

Keywords:

Pembelajaran, Sistem, Kurikulum 2013

Abstract

Kurikulum merupakan sejumlah rencana isi yang merupakan sejumlah tahapan belajar yang didesain untuk siswa dengan petunjuk institusi pendidikan yang isinya berupa proses yang statis ataupun dinamis dan kompetensi yang harus dimiliki. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sistem pembelajaran IPS peserta didik sekolah dasar Nurul Qomar terhadap kurikulum 2013. Kurikulum mempunyai peran sangat penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan perkembangan peserta didik.

 Sistem pembelajaran merupakan kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapi suatu tujuan. Sistem pembalajaran memiliki tujuan yaitu yang bertujuan untuk tercapainya hasil belajar secara maksiamal oleh peserta didik dalam belajar. 

 Menurut hasil dari wawancara kami dengan salah satu guru, SD Nurul Qomar memiliki pendekatan yang unik dalam sistem pembelajaran IPS, yang mana ketika guru memberikan materi guru tersebut memberikan contoh materi dari melihat hasl sekitar terlebih dahulu yangmana membuat para peserta didik menjadi lebih mengerti, hal ini sesuai dengan pengembangan kemampuan peserta didik dalam hal kreatif, produktif dan mampu berkontribusi untuk memahami permasalahan yang ada di masyarakat

.

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS di SD NURUL QOMAR: ANALISIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013. (2025). JURNAL MASYARAKAT HUKUM PENDIDIKAN HARAPAN , 5(02). https://jumas.ourhope.biz.id/ojs/index.php/JM/article/view/74

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.